Jumat, 23 Maret 2018

5 Perawatan Sederhana Pompa sebelum Sewa Jasa Service Pompa Air


5 Perawatan Sederhana Pompa sebelum Sewa Jasa Service Pompa Air

Pompa air yang rusak dan bermasalah memang mengundang banyak masalah. Salah satunya adalah Anda tak bisa mendapatkan air bersih. Anda harus segera memanggil jasa service pompa air untuk memperbaikinya. Maka dari itu, sebelum rusak, ada baiknya Anda melakukan perawatan pada pompa air Anda. Sederhana saja, seperti di bawah ini.

1. Pastikan Daya Listrik di Rumah Memadai

Agar pompa air Anda tidak mudah rusak, ada baiknya Anda memastikan apakah daya listrik di rumah Anda memadai atau tidak. Sangat berisiko bila daya listrik di rumah Anda tidak memadai. Ditakutkan bila pompa dinyalakan listrik akan turun dan ini juga akan merusak mesin pompa air Anda.

Namun, pastikan juga bahwa daya listrik di rumah Anda tidak berlebihan tekanannya, ini untuk menjaga agar dinamo pompa air tidak cepat panas dan akan merusak gulungan dalam motor dinamo. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan stavol ataupun stabilizer untuk menyeimbangkan daya listrik di rumah Anda.

2. Satu Saklar untuk Pompa Air

Sebaiknya, jangan tempatkan banyak saklar pada sumber daya listrik pompa air. Ada baiknya gunakan saklar yang tidak bercabang. Tujuannya adalah agar daya yang dibutuhkan pompa air tidak berkurang. Ditakutkan pula bila Anda menggunakan ini, bisa menyebabkan percikan api yang memicu pompa air terbakar sehingga Anda harus panggil jasa service pompa air.

3. Penempatan Pompa Air

Perawatan sederhana berikutnya yang bisa Anda lakukan agar mesin pompa air Anda tetap awet adalah dengan menempatkan pompa air di tempat yang tepat. Tempatkan pompa air di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak kena hujan. Sebab, hal ini akan memperpendek usia mesinnya. Bisa juga dengan membuatkan rumah-rumahan untuknya.

4. Perhatikan Pengoperasiannya

Hal lain yang bisa Anda lakukan agar mesin pompa air Anda awet adalah dengan memperhatikan pengoperasiannya. Pengoperasian pompa air tidak boleh sembarangan. Misalnya saja penggunaan mesin pada sumber air yang kering. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan dan terbakar pada pompa air yang menyebabkan usianya lebih pendek.

5. Bersihkan Secara Rutin

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan berikutnya untuk menjaga pompa air Anda adalah dengan melakukan pembersihan rutin. Bersihkanlah secara berkala untuk menghindari kotoran yang masuk ke dinamo yang menyebabkan kinerjanya tak maksimal. Selain mesinnya, bersihkan juga tempatnya agar tidak ada masalah yang mengganggu.

Itulah beberapa perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia mesin pompa air Anda selain pilih untuk sewa jasa service pompa air. Bukankah menjaga lebih baik daripada sudah rusak? Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin. Bila terjadi masalah pada mesin pompa air Anda, jangan ragu untuk menyervisnya segera!

0 komentar:

Posting Komentar